Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Quote

Search

Blogger news

Blogroll

New Design

Blogger templates

SPONSOR IKLAN

Popular Posts

Lima Trik Memodifikasi Bagian Atas Blog Bagian 2







Modifikasi Tampilan pada Tab Browser


Tab browser merupakan tempat di mana biasanya judul dan sebuah web atau blog akan ditampilkan pada bagian atas sebuah browser yang digunakan. Secara default, judul yang ditampilkan tidak dapat bergerak. Untuk itu, kali ini kita akan coba memodifikasinya agar dapat bergerak dan terlihat lebih keren daripada sebelumnya




 Gambar Tab Browser

Pertama, login ke dashboard Anda pada http://www.blogger.com. Klik icon panah (lihat foto di bawah) pada blog yang dikehendaki, kemudian pilih Template.

Gambar Dashboard

Anda akan diantarkan pada sebuah halaman baru. Sebelum kita mulai mengubah kode, HTML—seperti yang dijelaskan bab 1 sebelumnya—lebih baik kita membuat backup terlebih dulu. ini sangat penting untuk selalu dilakukan sebelum melakukan modifikasi apa pun, dan penulis tentu tak merasa perlu untuk mengulangnya pada setiap tutorial ke depannya. Anda harus ingat melakukannya sendiri.

Untuk membuat backup, klik “Cadangkan/Pulihkan” pada pojok kanan atas, kemudian “Unduh template lengkap”, dan unduhlah file type XML yang tersedia. File ini sangat ringan dan tak membutuhkan waktu lama untuk mengunduhnya. Pastikan Anda tahu file yang telah terunduh disimpan pada lokasi mana.


Gambar Klik Cadangkan/Pulihkan

Klik "Unduh template lengkap"


File XML terunduh

Sementara kita mengesampingkan file XML dulu. Lanjut pada proses mengubah kode HTML untuk membuat tab browser yang dapat bergerak. Masih pada halaman sebelumnya—halarfian template—klik “Edit HTML”.


Edit HTML

Anda akan menemukan sejumlah rangkaian kode HTML. Klik satu kali pada bagian dalam kolom—kolom yang berisi kode—kemudian ketik Ctrl+F pada keyboard Anda untuk mengaktifkan mesin pencari khusus yang disediakan oleh Blogger. Perlu Anda ingat, untuk mencari kode HTML di Blogger sebelumnya masih dapat dilakukan dengan mesin pencari pada browser, yakni cukup dengan mengetik Ctrl+F atau F3.

Namun sejak tanggal 10 April 2013, untuk mencari kode HTML di Blogger tak memungkinkan lagi menggunakan mesin pencari pada browser, melainkan harus menggunakan mesin pencari khusus yang disediakan oleh Blogger. Cara mengaktifkan mesin pencari khusus ini tak lain ialah dengan cara yang dijelaskan di atas, klik satu kali di bagian dalam kolom terlebih dulu, baru kemudian ketik Ctrl+F Jika mesin pencari telah muncul, can dengan kata kunci <head>, dan tekan tombol Enter pada keyboard. Mesin pencari akan otomatis mengarahkan Anda pada kode <head> yang berhasil ditemukan.

Cari Kode <head>

<script type='text/javascript’>
//<! [CDATA[
msg = “Teks berjaian 2”;
msg = “Teks berjaian 1” + msg;pos = 0;
function scrollMSG()
document.title = msg.substring(pos, msg.length) + msg.substring(O,pos); pos++;
if (pos > msg.length) pos = 0
window.setTimeout(”scroilMSG() “,150);
scrollMSG ();
//]]>
</script>

Terdapat tulisan “Teks berjalan 1” dan “Teks berjalan 2” pada rangkaian kode di atas. Dalam file penulis telah memberi tanda warna hijau agar lebih mudah ditemukan. Ubahlah tulisan hijau tersebut sesuai tulisan yang Anda inginkan.

Selain tulisan warna hijau, Anda juga akan menemukan angka “150” yang diberi warna merah. Angka ini berfungsi untuk mengontrol kecepatan gerakan tulisan hijau tadi. Semakin kecil angka yang Anda berikan, maka gerakan akan menjadi semakin cepat.
Demikian juga sebaliknya, semakin besar angka yang Anda berikan. gerakan menjadi semakin lambat. 150
adalah angka standar yang dianjurkan. Namun Anda bebas menggantinya jika perlu.

Setelah selesai mengubah kode di atas, copy seluruhnya, kemudian letakkan tepat di bawah kode <head> yang tadi kita can. Klik “Simpan template”.

Simpan template

Coba buka blog Anda, tab browser telah bergerak sesuai keinginan bukan?














Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Lima Trik Memodifikasi Bagian Atas Blog Bagian 2. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://antablogs.blogspot.com/2014/04/lima-trik-memodifikasi-bagian-atas-blog_21.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -